Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

View previous topic View next topic Go down

Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by celia on Thu Jul 22, 2010 3:41 pm

Spoiler:
VIVAnews – Menurut data Pusat Studi Kebijakan Publik
(Puskepi), sejak 2008 hingga Juli 2010, di Indonesia terjadi sebanyak
189 kali kasus ledakan dalam pemakaian tabung gas elpiji rumah tangga.

Rinciannya,
pada 2008 terjadi 61 kasus, kemudian turun menjadi 50 kasus pada 2009.
Tapi kemudian jumlah temuan meningkat tajam hingga pertengahan 2010,
mencapai 78 kasus.

"Jumlah ini memprihatinkan. Tabung gas seakan
jadi bom waktu bagi masyarakat, khususnya Jakarta," kata Ketua Puskepi
di Jakarta Selatan, Sofyano Zakaria, Kamis 8 Juli 2010.

Kemudian,
Sofyano mengutip hasil survei Badan Standarisasi Nasional (BSN) tentang
penyebab kebocoran gas. Umumnya, terjadi karena permasalahan pada
selang. Selain itu karena adanya masalah pada regulator dan tabung.

Walau
belum ada bukti kuat bahwa ledakan diakibatkan adanya kebocoran gas,
Sofyano menilai kasus kebocoran memberi gambaran bahwa sosialisasi yang
dilakukan pemerintah kepada pengguna tabung gas untuk disiplin mengganti
selang dan regulator secara berkala kurang maksimal. Sehingga memicu
terjadinya kecelakaan pada penggunanya.

Itu sebabnya, Sofyano
mendesak pemerintah melalui PT Pertamina dan Kementerian Perindustrian
dan Perdagangan untuk menginformasikan masa pakai regulator dan selang
kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Perangkat itu masa
pakainya paling lama satu tahun. Maka harus diganti,” katanya.
“Penggantiannya tentu harus diberikan secara gratis karena pemerintah
yang telah menerapkan program konvensi minyak tanah ke gas.”

Kepada
masyarakat, Sofyano juga menyarankan agar betul-betul memperhatikan
masa pakai selang dan regulator. Jangan memaksakan untuk terus
menggunakan alat yang telah rusak, misalnya dengan menambal atau
mengelem pada bagian yang bocor. Sebab hal itu dapat memicu kebakaran
atau ledakan.

Desakan agar PT Pertamina mengawasi peredaran
tabung gas di tengah masyarakat disampaikan Kepala Bidang Hubungan
Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar.

"Semua
harus ikut mengawasi karena tidak mungkin polisi bekerja sendirian,”
katanya. “Apalagi, wewenang memeriksa kelayakan tabung dan cara
penggunaannya jadi tanggung jawab Pertamina dan Kementerian
Perindustrian dan Perdagangan."

Selain itu, pemerintah juga harus
memberi arahan kepada masyarakat agar mereka dapat mendeteksi secara
dini kebocoran tabung gas, selang, dan regulator. (hs) • VIVAnews

Ini hanya salah satu berita, kalau kita melihat di tv, sudah banyak sekali berita mengenai kasus ledakan ini, bahkan sampai menelan korban tewas juga. Kebanyakan kelihatannya masalah terletak pada selangnya. Siapa yang salah di sini? Apa tanggapan kalian? Atau adakah yang punya saran?

celia
Sensei
Sensei

Female Race : Demon Butler

Posts : 2633
Gold : 4542
Reputation : 3
Join date : 2010-04-17
Age : 20
Location : Bekasi

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by Kuro vi Lolitannia on Thu Jul 22, 2010 8:49 pm

"Pakai api unggun aja" kata Kuro. Haha

"Yah, cukup lebih berhati-hati sajalah... Itukan kesalahan mereka yang tidak hati-hati juga" kata Kuro menambahi.




「My Favorite Note is A Flat Minor」

Kuro vi Lolitannia
Ϫ The Emperors Ϫ
Ϫ The Emperors Ϫ

The Lolicon Fuhrer

Male Race : Geass User

Posts : 3235
Gold : 5596
Reputation : 39
Join date : 2010-04-14
Age : 26
Location : Lolitannia

View user profile http://holylolikingdom.net/

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by kuroneko20 on Thu Jul 22, 2010 9:04 pm

mau gimana lagi sekarang cari uang susah.
orang cuma mau seenakny aja gak da mau yg usaha.
sehingga jumlah lapangan pekerjaan menjadi edikit
dan yg tidak mendapat pekerjaan mereka berbuat hal2 seperti diatas, dll.

kuroneko20
Sensei
Sensei

Hi..Guys...

Female Race : Hollow

Posts : 1112
Gold : 5382
Reputation : 1
Join date : 2010-07-08
Age : 20
Location : Djogjakarta

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by toshiaki on Thu Jul 22, 2010 10:16 pm

Hn?

menurut berita yg q liat,kbnykan mrk yg pk tabung tuh ngga tahu cara pakeny.

ada bunyi aneh,msh aja dinyalain tu kompor.

skrng jg diam2 beredar regulator palsu,kmrn sy beli di toko tp cm bertahan 2 hari.

masyarakat maupun pemerintah slh smw

toshiaki
Newbie
Newbie

Level Aphotema IX

Male Race : F. Nekomimi
No Medal
Posts : 192
Gold : 4931
Reputation : 0
Join date : 2010-06-19
Age : 7
Location : Oreon Sky

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by S~kun on Fri Jul 23, 2010 1:16 pm

Kuro vi Lolitannia wrote:"Pakai api unggun aja" kata Kuro. Haha

"Yah, cukup lebih berhati-hati sajalah... Itukan kesalahan mereka yang tidak hati-hati juga" kata Kuro menambahi.


Setuju pake api unggun~



S~kun
The Knights
The Knights

desuu~~~

Male Race : Keron

Posts : 2300
Gold : 6445
Reputation : 7
Join date : 2010-04-17
Age : 26

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by kuroneko20 on Fri Jul 23, 2010 2:08 pm

api unggun???

Kapan selesai masakny kalo gitu???

kuroneko20
Sensei
Sensei

Hi..Guys...

Female Race : Hollow

Posts : 1112
Gold : 5382
Reputation : 1
Join date : 2010-07-08
Age : 20
Location : Djogjakarta

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by Sleepless Dream on Fri Jul 23, 2010 5:50 pm

Zaman sekarang yang namanya Tabung Gas.

Sering Meledak apalagi di setiap acara Berita . mungkin banyak banget.

Tips supaya ga meledak.

Banyak yang penting periksa tutup gas.

Sleepless Dream
Newbie
Newbie

Innocent Boys

Male Race : Demon Butler
No Medal
Posts : 55
Gold : 4735
Reputation : 0
Join date : 2010-07-18
Age : 19
Location : Bandung

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by toshiaki on Wed Jul 28, 2010 11:04 pm

aq liat di TV,msyrkt mlh ada yg ngadain pemilihan antara tabung gas dg minyak pk sistem coblos kyk pemilu.

hasilnya bnyk yg milih minyak.
ntar mw di laporin ke DPR klo g slh......

toshiaki
Newbie
Newbie

Level Aphotema IX

Male Race : F. Nekomimi
No Medal
Posts : 192
Gold : 4931
Reputation : 0
Join date : 2010-06-19
Age : 7
Location : Oreon Sky

View user profile

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by Kuro vi Lolitannia on Thu Jul 29, 2010 12:00 am

"Tadi saat makan bakso keliling saya lihat abang baksonya pake tabung gas elipiji 3 kg, saya jadi takut sendiri" kata Kuro. Ahaha




「My Favorite Note is A Flat Minor」

Kuro vi Lolitannia
Ϫ The Emperors Ϫ
Ϫ The Emperors Ϫ

The Lolicon Fuhrer

Male Race : Geass User

Posts : 3235
Gold : 5596
Reputation : 39
Join date : 2010-04-14
Age : 26
Location : Lolitannia

View user profile http://holylolikingdom.net/

Back to top Go down

Re: Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg

Post by Sponsored content Today at 6:41 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum